Selasa, 19 Desember 2017

RPP K13 SMP Kelas VII Semester I






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                 : SMP N 4 CIBADAK
Mata Pelajaran                      : Metematika
Kelas/Semester                       : VII (Tujuh)/I (Satu)
Materi Pokok                          : Bilangan
Alokasi Waktu                        : 5 JP (2 kali pertemuan )

A.    Kompetensi Inti

KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
KI-4
:   
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1   Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
3.1.1        Menyebutkan bilangan bulat positif dan negatif,
3.1.2        Mengidentifikasi urutan bilangan bulat positif dan negatif
3.1.3        Menjelaskan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.
3.1.4        Membandingkan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen
3.1.5         Mengurutkan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)

4.1.1        Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat positif dan negatif
4.1.2        Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan billangan pecahan


C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan bilangan bulat positif dan negatif,
2.      Mengidentifikasi urutan bilangan bulat positif dan negatif
3.      Menjelaskan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.

Pertemuan II:
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.       Mengubah bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen
2.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat positif dan negatif
3.       Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang melibatkan billangan pecahan


Fokus pengembangan karakter:……………..

D.      Materi Pembelajaran
             1.     Materi Pembelajaran Reguler
a.    Membandingkan bilagan bulat
b.    Mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif
c.    Membandingkan bilanagan pecahan

             2.     Materi Pembelajaran Pengayaan
a.       Membandingkan bilanagan pecahan


b.      Materi Pembelajaran Remedial
a.       Mengurutkan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen



E.     Metode Pembelajaran
Pertemuan 1         : Model Problem Based Learning
Pertemuan 2         : Model Discovery Learning


F.      Media dan Bahan
1.   Media
:
·         Media Garis bilanagan  yang berkaitan dengan bilangan bulat
·         Menyajikan pecahan biasa dari kertas
2.   Bahan
:
 Karton dan kertas HVS

G.    Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Buku pegangan guru, buku pegangan peserta didik, lingkungan kelas/sekolah/kantin sekolah, dan internet

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.          Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.          Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
4.          Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5.          Guru bertanya mencari informasi tentang bilangan bulat dan pecahan dalam kehidupan sehari-hari dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing-masing
6.          Guru mengaitkan bilangan bulat dan pecahan yang diajarkan dengan kehidupan nyata
10 menit
Inti
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.      Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan bilangan bulat dan pecahan.
3.      Peserta didik dalam kelompok mengamati peragaan menentukan bilangan bulat positif dengan garis bilangan
4.      Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengurutkan bilangan bulat positif dan negatif yang telah disediakan yang berbentuk kartu.
5.      Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal

Langkah 2. Brainstorming
6.      Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli)
7.      Peserta didik dalam kelompok melakukan diskusi dengan cara sharing information, dan klarifikasi informasi tentang permasalahan dalam kehidupan sehari – hari.
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
8.      Peserta didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi tentang permasalahan berdasarkan petunjuk LK
9.      Peserta didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin dimana mereka juga diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
10.   Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
11.   Guru memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
12.   Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti


Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
13.   Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan semua kemungkinan pemecahan masalah terkait masalah yang diberikan
14.    Peserta didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli serta memberikan bantuan untuk menyajikan hasil pemecahan masalah yang telah diperoleh
15.    Peserta didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang diberikan terkait bilangan

Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
16.    Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan permasalahan kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil diskusi dan pengamatan
17.    Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

Langkah 6. Refleksi
18.   Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang telah dipelajari terkait nilai keseluruhan, nilai unit, sebagian, harga jual, dan harga beli
19.   Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
60 menit







Penutup








1.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan bilangan bulat positif dan negatif
2.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
3.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
4.     Guru memberikan tugas

10 menit

Penugasan:
Jika X=8, Y=3, dan Z=24, maka bentuk di bawah ini yang benar adalah ...
a. X = Y × Z                 c.
b.                        d.  X = Z + Y

Jawaban :
a.

    
                                                                                                             



Pertemuan 2 (Kedua) (3 Jam Pelajaran/120 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.       Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Guru mengaitkan bilangan bulat dan pecahan dalam kehidupan sehari - hari
4.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
5.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan

10 menit
Inti
Langkah 1. Merumuskan Pertanyaan
1.       Guru bertanya mencari informasi tentang bilangan pecahan
2.       Guru meminta peserta didik untuk membentuk kelompok menjadi 6 kelompok yang terdiri dari 5 orang secara tertib
3.       Guru menyuruh setiap kelompok untuk membedakan bilangan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen.dalam bentuk kartu yang telah di sediakan.
4.       Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengurutkan pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dari yang terkecil sampai yang terbesar.
5.       Guru memberikan lembar kerja (LK yang berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan bilangan pecahan) dan bahan-bahan (karton dan kertas HVS) yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
6.       Guru membimbing dan mengarahkan bagaimana cara menemukan dan membuktikan bilangan pecahan dengan LK dan bahan yang telah diberikan sekaligus memotivasi/mendorong peserta didik untuk menemukannya

Langkah 2.  Merencanakan
7.        Guru memberikan informasi terkait mengenai bilangan pecahan
8.       Peserta didik melakukan  identifikasi dan menganalisis LK dan bahan yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK

Langkah 3. Aplikasi dan Tindak Lanjut
9.       Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang penulisan bentuk pecahan.
10.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan konsep, teori, aturan melalui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil percobaan, pengolahan dan analisis data, peserta didik dapat mengecek hipotesis yang sudah dilakukan.
11.     Perwakilan beberapa kelompok mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan dalam hasil pembuktian tentang bilangan pecahan.
12.     Guru dan peserta didik memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
90 menit







Penutup
1.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.     Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.     Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil refleksi yang dilakukan
4.     Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
5.     Melaksanakan postes terkait tentang bilangan pecahan
6.     Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
7.     Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.
8.     Guru memberikan tugas
20 menit

Penugasan:
Dengan menggunakan tanda “=“, “<“, “>“ bandingkan pecahan berikut....
 

b.

c.   

d.     


Jawaban :
Dengan menggunakan tanda “=“, “<“, “>“ bandingkan pecahan berikut....
   .................20

b.  ...................20

c. ....................20

d.  ...................20






I.       Penilaian

1.         Teknik Penilaian
a.   Kompetensi Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)

b.   Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian Diri
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir




Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian Antar Teman
Lembar observasi
(catatan jurnal)
Terlampir




Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)

c.    Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes Tertulis
Pilihan ganda dan Uraian
Terlampir




Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

d.   Kompetensi Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktek
Mengidentifikasi urutan bilangan bulat positif dan negatif

Carilah kegiatan di sekitar kalian yang berkaitan dengan aritmetika sosial.

Di luar PBM selama satu minggu
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)



2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk;
a.    bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20%;
b.    belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
c.    pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50%.

3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui                                                                 CIBADAK, 07 juli 2017
Kepala SMP N 4 CIBADAK                                     Guru Mapel Matematika



ANDA SASMITA, S.Pd                                      SAPAATTULLAH, S.Pd
NIP.                                                                      NIP.

Lampiran RPP. (2) Lembar Kerja Pertemuan Kesatu

Lembar Kerja (LK) Pertemuan Kesatu


 
LEMBAR KERJA (LK) 2
Sub Materi Pokok: Nilai Unit, Keseluruhan, Harga Jual dan Beli

Nama Kelompok         : ..........................................    Kelas   : VII ...
Anggota
:

1
..........................................
4
................................



2
..........................................
5
................................


3
..........................................



A.       PETUNJUK UMUM:
1.    Amati Lembar Kerja ini dengan seksama,
2.    Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan kepada guru jika ada hal yang kurang dipahami,
3.    Setiap kelompok akan mengerjakan permasalahan yang berkaitan dengan gambar yang ada di bawah dan mengubahnya dalam bentuk pecahan.

A.       TUGAS/LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN:
1.   Nyatakan gambar tersebut dalam bentuk pecahan biasa.
No
Gambar
Pecahan
1

2

3

4

5







Lampiran RPP. (3) Lembar Penilaian Sikap

Catatan Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah : SMP N 4 CIBADAK
Kelas               : VII
Hari, Tanggal   : ......,  Juli 2017
Pertemuan ke   : 1
Materi Pokok   : Bilangan bulat positip dan negatif.
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak lanjut
































Penilaian Diri
Nama Siswa                             :
Kelas                                       : VII
Hari/Tgl Pengisian                    : ..... ..........., Juli 2017
Semester                                  : 1 ( satu )

Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan

Indikator  Sikap:
1.                  Keimanan                                4.   Santun                   7.  Peduli        
2.                  Ketaqwaan                               5.   Disiplin                  8.  Percaya diri
3.                   Kejujuran                                 6.   Tanggungjawab                 

No
Pernyataan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan YME, suka berikhtiar, dan tawakal





2
Saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut, mengikuti ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME





3
Saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.





4
Saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu





5
Saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji





6
Saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan, mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak mengganggu/merugikan orang lain





7
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya, menerima kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima perbedaan dengan orang lain.





8
Saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah, kerja kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan





9
Saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor, kasar, dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).





10
Saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat, bertanya atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan dengan cepat.





JUMLAH SKOR







Penilaian Antar Teman
Nama Teman yang Dinilai                :
Nama Penilai                                        :
Kelas                                                      : VII
Hari/Tgl Pengisian                               :..,...... Juli 2017


Petunjuk
Berdasarkan perilaku kalian selama ini, nilailah diri kalian sendiri dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2,atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut.
Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
Skor 1 apabila jarang melakukan perilaku yang dinyatakan

Indikator Sikap:
1.                   Keimanan                                             4.   Santun                                             7.  Peduli               
2.                   Ketaqwaan                                           5.   Disiplin                                            8.  Percaya diri
3.                   Kejujuran                                              6.   Tanggungjawab                           

No
Pernyataan
Skor

Keterangan
1
2
3
4
1
Teman saya berdoa sebelum dan sesudah menjalankan setiap perbuatan, ikhlas menerima pemberian dan keputusan Tuhan YME, suka berikhtiar, dan tawakal





2
Teman saya menjalankan ibadah sesuai ajaran agama yang saya anut, mengikuti ibadah bersama di sekolah, dan mengucapkan kalimat pujian bagi Tuhan YME





3
Teman saya jujur dalam perkataan dan perbuatan, mengakui kesalahan yang diperbuat, mengakui kekurangan yang dimiliki, tidak menyontek dalam ulangan.





4
Teman saya hadir dan pulang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi sesuai ketentuan, patuh pada tata tertib sekolah (mengenakan helm saat membonceng motor), mengerjakan tugas yang diberikan, dan mengumpulkannya tepat waktu





5
Teman saya melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya, mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan, dan menepati janji





6
Teman saya membantu orang yang membutuhkan, memelihara lingkungan, mematikan lampu dan keran air jika tidak digunakan, tidak mengganggu/merugikan orang lain





7
Teman saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapat saya, menerima kekurangan orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, menerima perbedaan dengan orang lain





8
Teman saya terlibat aktif dalam kegiatan membersihkan kelas/sekolah, kerja kelompok, mendahulukan kepentingan bersama, dan membantu orang lain tanpa mengharap imbalan





9
Teman saya menghormati orang yang lebih tua, tidak berkata-kata kotor, kasar, dan tidak menyakitkan, mengucapkan terima kasih, meminta ijin ketika menggunakan barang orang lain, melakukan pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam).





10
Teman saya berpendapat/bertindak tanpa ragu-ragu, berani berpendapat, bertanya atau menjawab, presentasi di depan kelas, dan membuat keputusan dengan cepat.





JUMLAH SKOR





NILAI






Lampiran 4. Lembar Penilaian Pengetahuan


No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Skor
1

5
2

1
3

1
4

4
5

1
6

1
7

4
8

1
9

1
10

2
11

1


22


Semoga Artikel ini bermanfaat ya kawannn seperjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar